Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Babel Hasilkan 228.980 Ton Ikan Per Tahun

Babel Hasilkan 228.980 Ton Ikan Per Tahun

BERBAGI

Suarapos.com – Potensi sektor kelautan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung cukup besar. Hal ini tampak dari hasil produksi perikanan setiap tahunnya.

Penjabat Gubernur Ridwan Djamaluddin mengungkapkan produksi jumlah produksi perikanan mencapai angka 228.980 ton per tahun atau mencapai 626 ton per hari dan selalu meningkat setiap tahunnya.

“Jumlah produksi perikanan budidaya 9.341 ton di mana terus meningkat dengan perkembangan sektor udang vaname untuk memenuhi kebutuhan ekspor,” kata Ridwan pada Seminar Nasional Kedaulatan Laut Babel untuk Kesejahteraan Rakyat, Kamis (16/12/2022) di Rektorat Universitas Bangka Belitung.

Baca Juga  Pangkalpinang Diproyeksi Jadi Kekuatan Pertumbuhan Ekonomi Babel

Selain produksi ikan, Ridwan mengatakan potensi produksi produk olahan hasil perikanan sebanyak 1.255.998 ton.

Sedangkan kawasan konservasi perairan seluas 627.612,9 hektar menjadi komitmen Pemprov Babel dalam mewujudkan keindahan ekosistem perairan menuju pembangunan berkelanjutan.

Sementara terkait pengawasan di laut, Ridwan mengatakan selama kurun waktu 2019-2020 kita telah mengawasi dan membina sebanyak 13 Kapal Perikanan yang menggunakan alat tangkap terlarang.

Selain itu juga membina 157 pelaku usaha tambak udang vaname dan ratusan pelaku usaha pengelolahan yang tersebar di tujuh kabupaten/kota.

Baca Juga  Thorium Beda dengan Uraniun, Ridwan Ingatkan Pentingnya Komunikasi Publik

“Kegiatan pengawasan ini kita lakukan sebagai langkah nyata penegakan kedaulatan di dalam pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan,” jelasnya.

Memang, lanjut Ridwan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan disamping potensi alam yang ada. Salah satunya sumber daya manusia (SDM) dan teknologi. (*)

LEAVE A REPLY