“Gerakan Satu Kebaikan”, PT Timah Tbk Tanam Mangrove dan Sukun di Pantai...

“Gerakan Satu Kebaikan”, PT Timah Tbk Tanam Mangrove dan Sukun di Pantai Serdang

BERBAGI

SUARAPOS.com – PT Timah Tbk melakukan penanaman 500 bibit mangrove dan 15 bibit sukun di kawasan Pantai Serdang, Desa Baru, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Kamis (3/9/2023).

Penanaman mangrove merupakan bagian dari Gerakan Menanam Satu Kebaikan dalam rangka program Employee Volunteering, upaya membangun budaya Relawan di PT Timah Tbk.

Direktur SDM PT Timah Tbk Yennita mengatakan, kegiatan penanaman ini sebagai upaya menjaga kelestarian dan kebaikan bumi. Karena PT Timah Tbk diberi amanah untuk memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami berkomitmen untuk terus melaksanakan tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan mendukung pembangunan daerah,” kata Yennita.

Baca Juga  Prabowo Ingin Tarik Minat Anak Muda ke Sektor Pertanian

Menurut Yennita, komitmen tersebut diwujudkan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti peningkatan kualitas hidup dan pelestarian lingkungan.

Program yang digagas hari ini merupakan bentuk kepedulian PT Timah Tbk untuk menjaga lingkungan dan membangun rasa kepedulian terhadap sesama.

“Melalui program ini, setiap karyawan PT Timah Tbk diajak dan didorong untuk berbuat kebaikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Baru Husnul Khalik mengatakan, potensi penanaman tanaman mangrove di desa tersebut sangat besar karena pada tahun 2021 telah ditanam 33 ribu bibit di area seberang Dusun Assalam.

Baca Juga  Ketum PWI Pusat Pastikan Hadir di Acara Puncak Anugerah Jurnalistik MHT Award PWI Jaya

Namun, pengelolaannya masih belum maksimal. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik apa yang dilakukan PT Timah Tbk untuk menanam mangrove dan sukun.

“Kami menyambut baik langkah PT Timah Tbk karena daerahnya dikelilingi laut, tentunya penanamannya bisa menahan abrasi laut,” jelasnya.

Salah satu relawan BUMN, Fauzan Desta Melano mengatakan penanaman mangrove bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Karena dapat menjaga kualitas air dan udara karena mangrove juga membantu manusia mendapatkan air bersih dan udara segar.

“Mangrove sangat penting bagi desa ini agar mampu menahan abrasi,” jelasnya.

Baca Juga  Hidayat Lantik Pengurus DPC PMOI, Bupati OI: Pak Molen Titip Warga Saya

Selain itu, ia berharap agar BUMN terus memberikan CSR kepada masyarakat pesisir Belitung Timur agar dapat menjaga kelestarian lautnya.

Bibit sukun sengaja ditanam di Desa Baru untuk mendukung Desa Baru tetap menjadi sentra UMKM keripik sukun agar bahan baku tetap tersedia di desa tersebut.

Kegiatan penanaman mangrove ini juga dihadiri oleh Direktur SDM PT Timah Tbk Yennita, Kepala Divisi CSR Ebbi Wibisana, Kepala Unit Produksi Belitung Achmad Haspani, Perwakilan BUMN, 60 karyawan Timah, 25 Siswa SMP Negeri 5 Manggar, 10 Relawan BUMN, 15 Anggota Pokdarwis Serdang Berantai. (***)

LEAVE A REPLY