Gratis! PSC 119 Pangkalpinang Siap Layani Kesehatan Warga 24 Jam, Bisa Jemput...

Gratis! PSC 119 Pangkalpinang Siap Layani Kesehatan Warga 24 Jam, Bisa Jemput Antar

BERBAGI

SUARAPOS.com – Pelayanan kesehatan di Kota Pangkalpinang kian mudah. Warga yang memiliki kendala untuk datang atau pulang ke dan dari sentra pelayanan kesehatan kini tak perlu lagi bingung. Sebab, petugas medis siap menjemput dan mengantar Anda.

Pemerintah Pangkalpinang kini punya Gedung Public Safety Center PSC 119 yang terletak tak jauh dari Kantor Walikota Pangkalpinang, bersebelahan dengan kantor KNPI Pangkalpinang.

Dulunya gedung ini adalah Puskesmas Girimaya. Ketika Covid-19 tengah melanda, dijadikan sebagai pusat isolasi mandiri terpadu atau Isoter Pangkalpinang.

Baca Juga  Dinkes Banyuasin Gelar Rakontek, Bupati Askolani: Berikan Layanan Prima untuk Masyarakat

Gedung ini, setelah direnovasi mulai beroperasi ditandai dengan diresmikan oleh Walikota Pangkalpinang, Rabu kemarin (18/1/2023).

Bagi warga yang membutuhkan layanan dari PSC, caranya sangat mudah tinggal menelepon ke PSC dengan Nomor 119. Atau bisa juga lewat aplikasi ini:

https://play.google.com/store/apps/details?id=tech.mlsn.inspirapscpangkalpinang

Tentu saja jika lewat aplikasi, Anda harus terlebih dahulu mendownload aplikasinya.

Semua pelayanan baik jemput antar maupun pengobatan dan penanganan medis di PSC tidak dipungut biaya alias gratis.

Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau Molen, Rabu kemarin mengatakan PSC adalah inovasi Pemerintah Pangkalpinang dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Baca Juga  Cegah Penyalahgunaan Narkoba, BNNP Tes Urine Karyawan PT Timah Tbk

”PSC 119 ini memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Pangkalpinang dimana pun berada. PSC siap menjemput, mengantar, dan mengobati 24 jam,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pangkalpinang, Masagus M Hakim, menuturkan kegiatan PSC 119 sudah berjalan selama dua tahun.

Tujuannya untuk memberikan pelayanan kesehatan secara cepat dan gratis bagi masyarakat Pangkalpinang.

Selain menangani kedaruratan terkait kesehatan yang dialamai warga, menurut Hakim, PSC 119 menjadi tempat pelatihan dan penanganan bencana terkait masalah kesehatan.

Baca Juga  Hadir di Pesta Rakyat Teluk Rubiah, Mobil Sehat PT Timah Tbk Diserbu Warga

“PSC 119 juga menangani misalnya ada bencana alam benjir, kecelakaan atau kebakaran, maka tim PSC 119 akan turun ke lokasi tersebut,” ujarnya.

PSC 119 punya 18 tenaga medis. “Tiga dokter dan sisanya perawat, bidan dan supir ambulan. Apabila ada suatu kasus langsung kita respon, tidak lebih dari dua jam,” ujarnya.

Jadi bagi Anda atau ada anggota keluarga, tetangga butuh layanan kesehatan, segera hubungi PSC 119, tunggu apalagi. (*)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY