Gurihnya Kemplang Ikan Bielika

Gurihnya Kemplang Ikan Bielika

BERBAGI

SUARAPOS.com — Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu penghasil ikan di Kabupaten Bangka Tengah. Menyadari potensi perikanan tersebut, Suhaimi warga Desa Kurau mengolah ikan laut menjadi kemplang.

Ikan kemplang merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung, memiliki cita rasa yang nikmat dan biasa disantap sebagai cemilan atau sebagai pelengkap menu utama.

Suhaimi dan orang tuanya sudah lama memproduksi kemplang ikan dengan merek Kemplang Ikan Bielika. Usahanya juga terbilang sukses, ia telah memasarkan produknya ke berbagai daerah seperti Batam, Jakarta, dan lain-lain.

Baca Juga  Mitra Binaan PT Timah Ikut Bazar UMKM di Bandara Soekarno Hatta

“Di sini pas banjir ikan banyak, harganya murah. Akhirnya diolah jadi kemplang. Kalau kemplang ini bertahan lama juga banyak peminatnya, apalagi rasanya ikannya enak banget. ,” ujarnya saat ditemui beberapa waktu lalu di kawasan Perikanan Desa Kurau

Ia menyebutkan, ia menjual ikan kemplang yang sudah digoreng dan yang masih mentah. Tergantung pesanan konsumen.

Jika sedang musim ikan, kata Suhaimi, mereka bisa membuat kepang ikan hingga belasan kilogram

“Ikan kemplang prosesnya lama, setelah dibuat harus dijemur dan butuh waktu juga, setelah itu baru digoreng. Makanya kami jual ada yang mentah, ada yang sudah digoreng, tergantung pesanan,” ujarnya. dikatakan.

Baca Juga  Beredar Video Sejumlah Pria Diduga Halau KIP, Terdengar Suara “Demo Dirut Baru”

Suhaimi mengatakan setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, dirinya mampu mengembangkan usahanya.

“Setelah menjadi mitra binaan PT Timah Tbk, saya bisa membeli freezer untuk stok ikan, dan membeli ikannya juga. Sama dengan menambah peralatan lainnya,” ungkapnya.

Ia memasarkan produknya menggunakan media sosial, dan aplikasi perpesanan WhatsApp, serta mengikuti pameran. Untuk menarik pembeli, ia menyediakan beberapa ukuran.

“Saya berjualan menggunakan WhatsApp, dan kemasannya bervariasi mulai dari 2,5 ons hingga satu kilogram, tergantung pesanan masyarakat. Saya bersyukur setelah menjadi mitra binaan, banyak yang mengenal produk saya,” ujarnya.

Baca Juga  Peringkat ESG Pertamina Nomor Satu di Dunia

Ia menyebutkan rasa kemplang yang mereka hasilkan berbeda. Ikan yang berasa namun tetap memiliki tekstur yang gurih dan empuk membuat ikan kemplangnya cukup diminati.

“Rasanya beda. Kalau sudah digoreng mengembang dan ikannya bisa dicicipi. Kalau mau coba bisa hubungi 088267156878,” ujarnya.(*)

LEAVE A REPLY