Hari ini Kelompok Tani “Serdadu” Puding Besar Panen Cabai Merah di Lahan...

Hari ini Kelompok Tani “Serdadu” Puding Besar Panen Cabai Merah di Lahan 2 Hektar

BERBAGI

SUARAPOS.com – Kelompok Tani “Serdadu” Desa Puding Besar, Kabupaten Bangka, panen cabai merah keriting di lahan seluas 2 hektar, Jumat (3/2/2023).

Dijadwalkan Penjabat Gubernur Kepulaun Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin, ikut panen pada kegiatan bertajuk “Panen Cabai Merah Keriting bersama Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin”, sekitar pukul 16.00 WIB di kebun kelompok tani tersebut, sekitar pukul 16.00 WIB.

Selain Pj Gubernur, rencananya hadir Bupati Bangka, Mulkan, Kepala Bakuda Babel dan Kadis Pertanian dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Kelompok Tani Serdadu, Suhari, Jumat pagi, mengatakan dengan kehadiran Pj Gubernur dan stake holder lainnya, dapat memotivasi Kelompok Tani Serdadu untuk terus melakukan budidaya cabai merah dan tanan holtikultura lainnya.

Baca Juga  Adelia : Semoga Semakin Banyak Mualaf di Bergabung di MCIP

“Kita berharap Pak Pj Gubernur,Ketua DPRD Babel Herman Suhadi,  Bupati Bangka Mulkan dan pihak terkait lainnya bisa memberikan motivasi bagi petani agar semakin bergiat membudidayakan cabai dan tanaman holtikultura lainnya,” ujarnya.

Selain itu, kehadiran ini sebagai bentuk perhatian kepada petani.

“Kelompok Tani Serdadu khususnya butuh perhatian, butuh support agar bisa mengembangkan budidaya cabai dan holtikultura lainnya,” kata Suhari.

Dijelaskan Suhari, saat ini pihaknya menanam cabai sebanyak sekitar 15.000 batang.

Kebun cabai saat ini, kata Suhari, digarap Serdadu secara mandiri. Meski banyak kendala, namun sejauh ini bisa diatasi pihaknya.

Baca Juga  Pemda Minati Hasil Kerajinan Masyarakat Bangka Selata

“Termasuk kendala dalam mengatasi hama seperti ulat dan lainnya,” ujarnya.

Setelah kebun cabai saat ini, Kelompok Tani Serdadu akan mengebangkan perluasan areal tanaman cabai merah dan holtikultura lainnya di atas lahan seluas 11 hektar secara bertahap.

Oleh karenanya, pihaknya meminta dukungan atau support dari pemerintah daerah dan pihak lainnya.

“Untuk pengembangan kita punya banyak kendala. Lahan sudah ada milik anggota Kelompok Tani Serdadu, namun untuk memulainya kami butuh dukungan,” kata Suhari.

Baca Juga  Elektabilitas Kokoh di Puncak, Pendukung Jokowi Migrasi Besar-besaran ke Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Dukungan tersebut, mulai dari pembukaan lahan hingga plastik mulsa, pupuk dan lainnya.

Untuk itu, Suhari berharap bisa membangun kolaborasi dengan pihak-pihak terkait yang punya kepedulian terhadap pengembangan cabai merah dan holtikultura lainnya.

“Kami berharap melalui kegiatan panen bersama ini, muncul perhatian dan dukungan ril kepada Kelompok Tani Serdadu sehingga bisa terus mengembangkan areal lahan berikutnya,” kata Suhari. (fh)

 

LEAVE A REPLY