Jelang DWG G20 di Belitung Persiapan Makin Matang

Jelang DWG G20 di Belitung Persiapan Makin Matang

BERBAGI

Suarapos.com – Jelang pertemuan tingkat Menteri G20 di Belitung, sejumlah persiapan makin matang. Dukungan berbagai pihak demi suksesnya agenda tersebut terus mengalir.

Hal ini diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman ketika menyambangi Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Gedung Wisma Bakrie 2 Jakarta, Selasa/25/1/2022.

Pada pertemuan G20, agenda Development Working Group (DWG) The Group of Twenty (G20) 2022 digelar di Pulau Belitong pada 7-9 September 2022.

Di Bappenas, Erzaldi diterima Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Scenaider Clasein Hasudungan Siahaan.

Bapennas sebagai vocal point DWG G20 diharaokan secepatnya menyusun kepanitiaan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, termasuk didalamnya wewenang anggaran pusat dan daerah terkait. Hal itu penting karena akan berdampak pada penyusunan perubahan anggaran di daerah.

“Kehadiran kami bertujuan untuk mematangkan kerangka kepanitiaan, dan teknis acara mana yang menjadi guidance pusat ataupun daerah, karena berkaitan tentang postur anggaran, agar tidak terjadi tumpang tindih antara pusat dan daerah,” kata Erzaldi.

Kemudian, di Bappenas Erzaldi memaparkan persiapan apa saja yang telah dilakukan dan bantuan sejumlah pihak.

“Terkait fasilitas kesehatan, saya sudah bertemu dengan KASAL Laksamana TNI Yudo Margono. Beliau bersemangat menawarkan menawarkan kapal rumah sakit untuk disandarkan selama perhelatan. Kapal tersebut dapat menampung 120 pasien, dan dilengkapi peralatan medis seperti CT Scan dan X-Ray, hingga ruang isolasi yang bermanfaat untuk penanggulangan Covid-19,” papar Erzaldi.

Tak hanya itu, pada 9 Februari mendatang Pemprov Babel akan melaunching logo DWG G20 Belitong.

Logo tersebut akan ditempel di kendaraan dinas gubernur, Forkopimda, instansi vertikal, hingga seluruh kendaaran dinas di Pemprov. Babel.

Hasudungan Siahaan menyambut baik niat gubernur untuk mematangkan persiapan rapat tingkat menteri Pembangunan G20 di Belitong.

Dalam waktu dekat Bappenas bersama event organizer akan berkunjung ke Belitong untuk melihat sejauh mana progres persiapan acara dan kendala apa yang perlu dibenahi.

Dia juga meminta agar mulai mempersiapkan produk UMKM khas Babel sehingga bisa diperkenalkan kepada para tamu.

Yang tak kalah penting, kata Hasudungan, kesiapan bandara untuk menampung pesawat pribadi.

Soal kepanitiaan, Hasudungan menyebutkan sedang dipersiapkan. Gubernur selaku penanggung jawab daerah diberi kewenangan menyusun keanggotaannya.

“Kami berharap event ini menaikkan pamor Belitong. Kami akan mengemas acara ini untuk membuat orang tertarik berwisata ke sana,” tutupnya. (*)

 

LEAVE A REPLY