Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Muba Terima Penghargaan UHC 2023, Apriyadi: Layanan Kesehatan Gratis

Muba Terima Penghargaan UHC 2023, Apriyadi: Layanan Kesehatan Gratis

BERBAGI

SUARAPOS.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin diganjar Universal Health Coverage (UHC) Tahun 2023 oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Republik Indonesia.

Penghargaan ini diraih lantaran komitmen Pemkab Musi Banyuasin dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi warga.

Penghargaan diterima Penjabat Bupati Musi Banyuasin, Apriyadi dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian diwakili staf ahli Thabrani di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Saat menerima penghargaan, Apriyadi didampingi Kepala Dinas Kesehatan Muba, <span;>dr Azmi Dariusmansyah.

Pada kesempatan sama, selain Muba,  UHC Award 2023, juga diberikan ke 22 Kepala Daerah Provinsi dan 334 Kabupaten/Kota.

Untuk tingkat provinsi, penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Sedangkan tingkat kabupaten kota oleh Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Integrasi Jamkesda

Diketahui Pemkab Muba berhasil mencapai cakupan kepesertaan JKN minimal 95 persen dibandingkan jumlah penduduk dan yang sudah melakukan Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) pemerintah daerah sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018.

Baca Juga  Ketua DPRD Babel Dengarkan Keluhan Wajib Pajak

Selain itu sesuau Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2022 tentang Penyusunan APBD tahun 2023 serta Inpres Nomor 1 Tahun 2022.

Wakil Presiden KH. Maruf Amin saat sambutan mengatakan bahwa UHC Award 2023 diberikan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada kepala daerah yang telah konsisten mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Yakni dengan mengintegrasikan Jaminan Kesehatan Daerah ke dalam program JKN dan meningkatkan kualitas layanan dan perlindungan kesehatan bagi masyarakat.

Senada, Menteri Koordinator Pembangunan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan penghargaan  sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah kepada gubernur, bupati dan walikota yang telah menunjukkan kerja kerasnya.

Baca Juga  Lengkapi Berkas Tersangka TN, Kejagung Periksa 4 Orang Saksi

“Para kepala daerah ini dinilai menunjukkan kinerja luar biasa di dalam memberikan komitmen di dalam program JKN, khususnya yang 95 persen dari warganya telah terdaftar program JKN,” jelas Menko PMK.

Prioritas Kesehatan

Pj Bupati Apriyadi menyebutkan penghargaan UHC Reward yang diraih Pemkab Muba berkat dukungan dan kerjasama semua pihak.

Menurutnya pencapaian UHC merupakan salah satu upaya untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kita selama ini selalu menempatkan layanan kesehatan masyarakat sebagai prioritas utama Pemkab Musi Banyuasin. Masyarakat dimudahkan, dilayani dengan baik jadi tidak perlu khawatir soal pelayanan kesehatan,” kata Apriyadi.

“Sudah sejak dulu warga Muba menikmati layanan kesehatan gratis. Cukup membawa KTP di fasilitas kesehatan, pasti dilayani secara gratis,” sambung dia.

Baca Juga  Segera Pesan! Tiket DAMRI Turun Harga, Jakarta-Purwokerto Cuma Rp150 Ribu

Kemudian Apriyadi meminta seluruh petugas layanan kesehatan di manapun bertugas agar menjadikan reward ini sebagai motivasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi warga Musi Banyuasin dari semua tingkat pelayanan ksehatan.

“Wajib Hukumnya kita memberikan pelayanan terbaik bagi warga Muba yang telah tercover UHC BPJS kesehatan dan tidak ada saya dengar keluhan atau laporan dimana petugas kita kurang sigap dan apalagi lalai dalam memberikan pelayanan,” kata dia.

“Selama ini pelayanan kita sudah baik dan terus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Mari kita dengan tulus dan ikhlas memberikan pelayanan terbaik kita bagi masyarakat Musi Banyuasin di manapun kita bertugas,” sambung Apriyadi. (***)

LEAVE A REPLY