Pantai Tanjung Tinggi Bersolek, Dua Klaster Pusat Kuliner Dibangun

Pantai Tanjung Tinggi Bersolek, Dua Klaster Pusat Kuliner Dibangun

BERBAGI

Suarapos.com – Pesona Pantai Tanjung Tinggi memiliki keindahan alam tersendiri, pasir putih terhampar dan bebatuan granit berukuran jumbo tersusun apik.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Nama Belitung dan pesona Tanjung Tinggi seperti menjadi jamiman tersendiri bagi pesona alamnya yang eksotik. Apalagi sejak meledaknya Film Laskar Pelangi yang mendunia itu.

Pulau Belitung pun ditahbiskan sebagai “Neheri Laskar Pelangi” sehingga semakin terkenal hingga ke mancanegara.

Semakin mendunianya “Laskar Pelangi” ikut pula mengerek popularitas sejumlah tempat wisata di Belitung, termasuk Tanjung Tinggi yang menjadi salah satu ikon dalam film tersebut.

Potensi ini harus dioptimalkan fungsinya sebagai daerah tujuan utama wisata dengan ditunjang sarana dan prasarana wisata yang memadai.

Hal ini menjadi perhatian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman. Dan rupanya Erzaldi sudah punya rencana untuk Tanjung Tinggi.

Sebagai langkah awal, agar semakin menarik dan menghadirkan rasa nyaman para wisatawan, maka sejumlah warung makan akan direlokasi.

Rencana itu, Kamis, 3 Februari 2022, disampaikan langsung Erzaldi kepada stakeholder pada saat rapat yang digelar dengan suasana santai di tepi Pantai Tanjung Tinggi.

“Tanjung Tinggi ini destinasi yang sangat indah sekali. Tetapi, pada kenyataannya terbuyarkan oleh situasi dan kondisi yang kita lihat bersama, kurang rapi dan kurang bersih. Ini menjadi konsentrasi kita untuk menjadikan Pantai Tanjung Tinggi magnet bagi setiap orang yang datang ke Bangka Belitung,” Erzaldi.

Erzaldi bersama Kepala Dinas Pariwisata Belitung, perwakilan PT Meranti sebagai mitra, Kepala Desa Ciput, perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan para pedagang, langsung meninjau ke lokasi rencana relokasi yang terletak berseberangan dari bibir pantai.

Dari situ, disepakati akan dibangun dua klaster pusat kuliner, yang masing-masing akan dibagikan dari total 52 pedagang yang ada saat ini.

“Kita sepakat merelokasi, merapikan, dan mendesain untuk menjadikan Pantai Tanjung Tinggi ini menjadi the best place destination yang ada di Belitung. Kita lihat batu yang luar biasa, pasir yang putih bersih. Kalau didukung dengan kebersihan yang lebih baik lagi, saya yakin ini menjadi atraksi yang sangat menarik. Pokoknya kita buat indah,” ujarnya.

Dengan adanya relokasi ini, Pantai Tanjung Tinggi akan terbebas dari bangunan, sehingga pandangan para wisatawan ke bibir pantai menjadi lebih luas, dan dapat menikmati sunset. Selain merelokasi pedagang, Erzaldi juga akan memenuhi sarana dan prasarana lain seperti toilet, musala, ruang ganti, dan parkir yang representatif.

Pembangunan tersebut ditargetkan akan direalisasikan dalam tiga bulan ke depan, sekaligus untuk mempersiapkan Pulau Belitong menjadi tuan rumah G20 (The Group of Twenty).

Untuk proses awal akan dimulai pekan depan dengan melibatkan arsitek yang akan mendesain pusat kuliner, dan sarana-prasarana lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung, Bakri Hauriansyah menyambut baik rencana Gubernur Erzaldi untuk mempercantik Pantai Tanjung Tinggi. Menurutnya, rencana tersebut perlu dukungan semua pihak sehingga dapat terselesaikan sesuai target pada Mei 2022.

“Kita mohonkan dukungan dari semua pihak, baik masyarakat, pedagang yang ada di sekitar pantai, sehingga apa yang digambarkan oleh Pak Gubernur bisa selesai Mei mendatang,” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY