PLN Bantu Bibit Padi dan Pemanfaatan Pupuk FABA di Bangka Tengah

PLN Bantu Bibit Padi dan Pemanfaatan Pupuk FABA di Bangka Tengah

BERBAGI

SUARAPOS.COM –  Masyarakat Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah tersenyum lebar karena akhirnya lahannya bisa kembali produktif dan bisa menikmati hasil panen padi .

Hasil panen ini merupakan jerih payah masyarakat sekitar dengan bantuan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT PLN (Persero) berupa pemberian bibit padi dan pemanfaatan pupuk dari sisa pembakaran batubara atau fly ash bottom ash (FABA).

Kepala Desa Namang Zaiwan bersyukur atas bantuan program prasarana tanam padi yang diberikan PLN untuk desanya. Sebab, hamparan sawah seluas 60 hektar ini merupakan sumber pangan dan penghasilan bagi warga setempat.

“Sekarang ini produksi padi sawah tersebut setidaknya mampu memenuhi kebutuhan pangan keluarga, bahkan belakangan ini sebagian petani sudah berhasil menjual hasil panen mereka karena produksi padi sudah mulai banyak,” kata Zaiwan, Rabu (8/2/20223).

Baca Juga  Perekonomian Rakyat Babel Terpuruk Akibat Tersendatnya Kegiatan Penambangan Rakyat

Keberadaan sawah tersebut, menurut Zaiwan tidak hanya menguntungkan petani untuk memproduksi padi lokal untuk ketahanan pangan rumah tangga tetapi juga menjadi bagian dari daya tarik wisatawan.

“Alhamdulilah masyarakat antusias, sawah di sini tidak hanya sebagai sumber pangan bagi warga setempat tetapi juga menjadi potensi pariwisata di Bangka Tengah dan ini atas bantuan PLN Babel,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa dan Perdesaan (Dirjen PDP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengapresiasi program pemberdayaan masyarakat desa Namang PLN. Menurutnya, program ini dapat menjadi percontohan desa mandiri.

Baca Juga  Bupati Bangka Barat Puji Produk Mitra Binaan PT Timah Tbk Aloeng Handycraft

“Untuk menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan serta pendayagunaan dan pemberdayaan masyarakat Desa Namang menjadi contoh kemandirian desa yang bisa dicontoh, bahkan Babel sejak tahun 2020 menjadi Provinsi yang sudah memiliki desa mandiri dan rendah tingkat kemiskinan per kapita nya di Indonesia,” kata Sugito.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (UIW Babel), Ajrun Karim mengatakan, Desa Namang merupakan salah satu desa binaan PLN UIW Babel yang dibina melalui program PLN Peduli dalam bidang lingkungan dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga  Omnibus Law Versi BUMN Dorong Peningkatan Kinerja, Pengamat: Fungsi Pengawasan Lebih Mudah

“Pembinaan yang kami lakukan dalam bentuk pemberdayaan masyarakat dan penguatan sarana prasarana, salah satunya pemberian bantuan bibit padi dan juga pemanfaatan pupuk yang berasal dari FABA,” kata Ajrun.

Dia mengatakan, PLN UIW Babel akan terus mendukung masyarakat Desa Namang yang terus konsisten dalam program penanaman padi tersebut agar mereka semakin produktif dan mampu terus meningkatkan perekonomian di desa.

“Semangat masyarakat Desa Namang untuk terus konsisten menanam padi membuat kami tergerak mendukung program penanaman padi ini. Kami harap mereka bisa terus berdaya dan mandiri,” pungkas Ajrun. (***)

LEAVE A REPLY