Program CSR PT Timah Sentuh Berbagai Sektor, Dari Peningkatan Kualitas Lingkungan Hingga...

Program CSR PT Timah Sentuh Berbagai Sektor, Dari Peningkatan Kualitas Lingkungan Hingga SDM

BERBAGI

SUARAPOS.com — Memberikan manfaat sosial, ekonomi, dan lingkungan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan merupakan komitmen PT Timah Tbk.

Sebagai perusahaan pertambangan timah yang merepresentasikan negara, PT Timah Tbk terus tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

PT TIMAH Tbk dalam pelaksanaan CSR mengadaptasi konsep tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau di dunia dikenal dengan istilah Sustainable development goals atau SDG’s.

Sepanjang tahun 2022, PT Timah melaksanakan berbagai progam CSR dalam bentuk Tanggungjawab Sosial Lingkungan, Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) dan Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK).

Program CSR yang dijalankan PT Timah Tbk di tahun 2022, diantaranya ialah Oto Sehat atau Mobil Sehat yang memberikan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat di wilayah operasional. Ribuan warga telah mendapatkan pelayanan kesehatan melalui program ini.

Baca Juga  Dua Warga Bangka Barat Senang Dapat Bantuan Kursi Roda dari PT Timah Tbk

Dari sisi budaya, PT Timah Tbk juga melaksanakan Pelestarian Adat dan Budaya Mapur serta peningkatan kapasitas masyarakat Adat di Dusun Air Abik, Desa Gunung Muda, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka dengan membangun rumah ada tujuh memarong, memberikan pelatihan batik ecoprint dan pelatihan tenun serta bantuan dua unit alat tenun bukan mesin.

Untuk menjaga eskosistem laut dan pemberdayaan masyarakat nelayan, anggota holding pertambangan Indonesia MIND ID juga melaksanakan program Fishing Ground, Coral Garden, dan penanaman mangrove.

Di sektor pendidikan melalui program Timah Mengajar, PT Timah Tbk memberikan beasiswa pendidikan bagi masyarakat di wilayah operasional melalui program Pemali Boarding Shcool. Selain itu, PT Timah Tbk juga melaksanakan program Literasi Guru dan Kelas Inspiratif.

Baca Juga  PT Timah Tbk Dukung SSB Bintar FC Berlaga di LSI Nasional Cirebon

Untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, tahun 2022 PT Timah Tbk membangun 14 rumah tinggal layak huni bagi masyarakat yang kurang beruntung secara ekonomi di wilayah operasional perusahaan.

Sektor Ekonomi Masyarakat, PT Timah Tbk membantu para UMKM melalui program pembianaan dan pelatihan UMKM, Pengaktifan pusat pemasaran dan pengembangan produk lokal di wilayah kota kabupaten sekitar tambang ; Rumah BUMN Belitung dan Tins Corner Swiss Bell Pangkalpinang.

Selain itu, TINS juga memberikan jaminan sosial bagi masyarakat nelayan dan kelompok rentan bagi masyarakat di wilayah operasional. Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan, PT Timah Tbk juga rutin memberikan sarana dan prasarana untuk nelayan seperti alat tangkap dan mesin tempel.

Baca Juga  Jalan Sehat Bersama BUMN di Babel Meriah, Ribuan Peserta Larut dalam Keseruan

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk, Anggi Siahaan mengatakan PT Timah Tbk secara konsisten menyalurkan CSR bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

“Penyaluran CSR bukan hanya sekadar tanggungjawab perusahaan, tapi PT Timah Tbk menyadari bahwa perusahaan adalah bagian dari masyarakat. Untuk itu, perusahaan berkomitmen untuk melakukan tanggungjawab sosial sehingga bisa memberikan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat,” ucap Anggi.

Anggi mengatakan, program CSR yang disalurkan perusahaan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, diintegrasikan dengan program Pemerintah dan disinergikan dengan berbagai stakeholder.

“Semoga program CSR PT Timah Tbk bisa memberikan dampak optimal bagi masyarakat, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (*)

LEAVE A REPLY