PT MPL Dirikan Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik di Belitung

PT MPL Dirikan Pabrik Daur Ulang Sampah Plastik di Belitung

BERBAGI

Suarapos.com – PT Mitra Propindo Lestari (MPL) meresmikan pabrik daur ulang sampah atau limbah plastik di Dusun Suge dan Dusun Pengantungan Kabupaten Belitung, Rabu (31/8/2022). Peresmian pabrik tersebut di hadiri Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Forkopimda setempat.

Direktur Utama (Dirut) Kawasan Pabrik PT. Mitra Propindo Lestari (MPL) Tri Aprilliansyah mengatakan Belitung selama ini hanya mengirimkan bahan baku mentah keluar daerah. Dengan adanya pabrik PT. MPL ini, bahan baku itu bisa diolah di Belitung sehingga memiliki nilai tambah masyarakat

“Selama ini Belitung mengirim bahan baku keluar. Dengan kedatangan kami ini, kami menyediakan hilirnya. Artinya Belitung bisa memanfaat sumber daya alam yang ada untuk dibuat .bahan setengah jadi atau barang jadi. Sehingga memiliki nilai tambah perekonomian di Belitung,” ujarnya.

Baca Juga  Soal Akan Dipanggil Pemdes Air Rayak, PT AKU: Kami Belum Terima Surat

Dia menambahkan, PT. MPL sudah sukses mendirikan tiga pabrik memproduksi pipa PVC, seng dan juga pabrik perakitan mesin khusus plastik.

“Mudah-mudahan pada November akan datang kami (PT. MPL) akan mendirikan satu pabrik lagi yaitu pabrik Almununium. Nanti produknya seperti kusen aluminium pintu alumunium akan kita cetak di Belitung,” kata Tri.

Ia berharap, dukungan penuh kepada masyarakat dan mitra lainnya untuk mendukung dan menciptakan sumber daya manusia di Belitung yang handal dan siap berkerja sangat diprioritaskan saat ini.

“Kami juga sangat membutuhkan sumber daya manusia yang handal dan siap bekerjasama,” kata dirinya.

Baca Juga  PT Adara Jala Samudera Berikan Santunan dan Sembako

Dirut menjelaskan, dalam satu jam mesin bekerja mampu menghasilkan 12 batang pipa PVC untuk diameter empat dim. Sedang untuk seng dalam satu hari bisa menghasilkan 500 keping.

Lanjutnya, semua barang yang dihasilkan tersebut merupakan hasil dari limbah sampah yang ada di Belitung. Hal tersebut sekaligus mendukung pariwisata di Belitung tentang ramah lingkungan.

“Target kami adalah membuat industri yang ramah lingkungan. Seperti limbah sampah botol dan lainnya sudah kita olah menjadi seng plastik. Mudah-mudahan kedepan kita juga akan mencetak helm, yang mana sekarang mesinnya sudah tiba di Belitung,” terang dirinya.

Ditempat yang sama, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos sangat mendukung dan mengapresiasi kehadiran PT. MPL.

Baca Juga  Pemprov Babel Permudah Perizinan Ekspor Hasil Laut, Pemeriksaan Karantina Ikan Online

Menurut Bupati, hadirnya PT. MPL menjadi salah satu solusi untuk mengurangi sampah yang ada terutama plastik.

“Alhamdulillah, ini merupakan salah satu solusi permasalahan yang ada di Belitung. Dengan adanya pabrik daur ulang sampah atau limbah plastik menjadi salah satu keuntungan untuk mengurangi sampah dan menjadikan nilai ekonomis,” Jelas Sanem.

Ia katakan, ini juga merupakan salah satu cita-cita Pemerintah Kabupaten Belitung dalam pengembangan kawasaan industri yang ada.

“Dan inilah salah satu cita-cita kawasan industri yang ada. Karena infrastruktur dan sarana kita juga sudah siap. Baik itu listrik, pelabuhan dan jalan,” Kata Bupati disapa Sanem ini. (hn)

LEAVE A REPLY