Raih Penghargaan Menteri Terbaik, Erick Thohir Berhasil Berikan Kontribusi BUMN Bagi Pemulihan...

Raih Penghargaan Menteri Terbaik, Erick Thohir Berhasil Berikan Kontribusi BUMN Bagi Pemulihan Ekonomi 

“Jadi penghargaan-penghargaan itu tentu akan menjadi energi positif beliau untuk kian berprestasi pada jabatan publik,”

BERBAGI

Suarapos.com –  Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meraih penghargaan The Best Minister CNBC Indonesia Awards 2022 sebagai bentuk apresiasi bagi korporasi atau badan usaha dan individu inspiratif yang berkontribusi untuk pemulihan perekonomian Indonesia.

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdus Salam mengatakan, berbagai penghargaan itu didapat berkat kerja keras dan kinerja cemerlang Erick Thohir selama memimpin BUMN.

Tangan dingin Erick Thohir berhasil membawa BUMN melewati masa pandemi Covid 19 yang dinilai bukan pekerjaan yang mudah.

“Berbagai prestasi yang diraih Pak Erick akan menjadi modal sosial menuju 2024. Saya pikir itu semua karena kerja keras dan kerja cerdas beliau. Apalagi bisa melewati masa pandemi dengan baik itu bukan hal yang mudah,” ujar Surokim, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga  Festival Pesona UMKM Fair Berkah Bagi Masyarakat

Deretan sejumlah prestasi yang diraih Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dapat menjadi modal besar Erick Thohir untuk berkontestasi di pemilu presiden 2024.

“Jadi penghargaan-penghargaan itu tentu akan menjadi energi positif beliau untuk kian berprestasi pada jabatan publik,” ucapnya.

“Menurut saya kian hari publik sudah mendapatkan gambaran yang kian positif terkait kinerja dan prestasi Pak Erick. Jika ini bisa dikapitalisasi untuk politik 2024, menurut saya itu modal positif,” sambung Surokim

Surokim yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Trunojoyo Madura itu mengatakan, Erick Thohir mampu membuktikan kinerjanya menggerakkan potensi perusahaan BUMN dalam memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi.

Baca Juga  Kemenkumham Serahkan SK Dirjen Imigrasi Tentang Terminal Khusus Tin Muntok PT Timah Tbk

“Pak Erick bisa membuktikan bahwa ia mampu menjadi energi penggerak perubahan BUMN dan bisa bergerak positif seperti sekarang,” tukasnya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengucapkan terimakasih kepada CNBC Indonesia yang telah memberikan penghargaan yang diberikan kepadanya.

“Terima kasih kepada CNBC Indonesia yang mempercayakan penghargaan kepada saya, tentu ini hasil kerja direksi dan komisaris BUMN. Tidak mungkin hasil ini tanpa kinerja mereka dan Wakil Menteri saya, tim di Kementerian BUMN yang menjaga transformasi BUMN ini. Tidak mungkin transformasi tanpa transformasi besar, satu manusianya, dan yang tidak kalah penting sistemnya,” ucap Erick.

Baca Juga  Pemprov Babel Raih 2 Penghargaan Katagori Naker Award 2023

Selama memimpin BUMN tercatat salah satu pencapaian besar Erick yakni merealisasikan holding BUMN yang sudah lama diwacanakan. Selain itu, di bawah arahannya, kini kinerja BUMN semakin solid dengan pengklasteran usaha, diantaranya holding BUMN pariwisata, holding BUMN ultra mikro, holding BUMN perhotelan, holding BUMN pangan, holding BUMN farmasi, holding BUMN pertambangan, hingga holding industri baterai listrik.

Selain itu, Erick berhasil melakukan efisiensi BUMN melalui penyederhanaan jumlah perusahaan pelat merah, dari sebelumnya 142 perusahaan pada awal 2020, hingga menyisakan hanya 41 BUMN pada awal 2022. Targetnya, akan dikonsolidasikan lagi menjadi 30 BUMN. (***)

LEAVE A REPLY