Komunitas Pers Diminta Mawas Diri, Ketum PWI Atal: Lindungi Media Kecil

Komunitas Pers Diminta Mawas Diri, Ketum PWI Atal: Lindungi Media Kecil

BERBAGI

Suarapos.com – Komunitas pers nasional harus berbenah, mawas diri dan melindungi media kecil.

Pers, kata Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari, mesti mengendalikan arus jurnalisme klikbait yang semakin deras khususnya pada jalur jurnalisme online.

“Pers harus terus memperbaiki kualitas pemberitaannya dan sedapat mungkin memghindari trend pemberitaan yang bias, provokatif, bombastis atau tidak taat azaz,” kata Atal saat sambutan Opening Ceremony: Konvensi dan Seminar, dalam rangka HPN di Hotel Claro, Kendari, Senin pagi/7/2/2022.

Hal yang tak kalah penting, ujar Atal, menjaga indepensi media.

“Kita harus mengakui, dalam event pemilu atau pilkada, masih ditemukan media partisan,” katanya.

Dalam rangka mewujudkan kemandirian media di hadapan platform digital, dibutuhkan soliditas dan kekompakan antar media.

“Inilah tantangan kita sekarang. Apakah media-media besar solider terhadap media-media kecil? Apakah media kecil juga bisa menempatkan diri secara proporsional dan tidak banyak mau tetapi tidak mau bekerja keras? Dibutuhkan soliditas dan solidaritas disini,” kata Atal.

Sementara Ketua Dewan Pers M Nuh, mengingatkan agar insan pers harus melek teknologi dan cepat menyesuaikan dengan perubahan.

Hadir pada acara tersebut sejumlah anggota Dewan Pers, pengurus PWI Pusat dan daerah serta sejumlah tokoh pers nasional seperti Asro Kamal Rokan, Bambang Harimurti.

Acara tersebut dihadiri pula secara zoom Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin, Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menteri BUMN Eric Tohir. (fh)

LEAVE A REPLY