67 Tahun PT Timah Tbk Dukung Pendidikan Bagi Disabilitas di Babel

67 Tahun PT Timah Tbk Dukung Pendidikan Bagi Disabilitas di Babel

BERBAGI

Suarapos.com  – Pendidikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas merupakan salah satu perhatian PT Timah Tbk. Emiten berkode TINS ini telah 67 tahun mendukung pendidikan bagi penyandang disabilitas di Provinsi Kepualuan Bangka Belitung melalui Yayasan YPAC Pangkalpinang.

Anggota holding pertambangan Indonesia MIND ID mendukung penuh kegiatan pendidikan bagi ratusan anak-anak disabilitas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berdirinya Yayasan YPAC pada tahun 1995 lalu juga tak lepas dari inisiasi PT Timah Tbk untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khsusus agar mendapatkan layanan pendidikan.

Saat ini, ada sebanyak 115 anak yang sedang belajar di YPAC Pangkalpinang yang mengalami berbagai ketunaan seperti tuna rungu, tuna daksa, tuna grahita dan autis.

Ketua Yayasan YPAC Pangkalpinang, Andi Fikri mengatakan PT Timah Tbk menjadi donatur tetap untuk mendukung pelaksanaan pendidikan di Yayasan YPAC Pangkalpinang.

“Dulu tahun 1955 adanya YPAC ini juga atas inisiasi PT Timah Tbk kala itu, sehingga bisa bertahan hingga saat ini. Dukungan PT Timah Tbk tidak pernah berhenti dari sejak berdirinya hingga saat ini, artinya sekitar 67 tahun PT Timah Tbk membantu Yayasan YPAC Pangkalpinang,” kata Andi Fikri, Jumat (2/12/2022).

Baca Juga  Pj Gubernur Suganda Optimis Bangka Belitung Masuk 3 Besar TPID Award Tahun Depan

Ia membeberkan dukungan PT Timah Tbk untuk YPAC Pangkalpinang seperti gedung YPAC Pangkalpinang yang merupakan sekolah bagi anak-anak disabilitas ini merupakan aset PT Timah Tbk.

Tidak hanya itu, TINS juga rutin setiap bulan memberikan bantuan operasional untuk mendukung proses pendidikan dan sarana pendidkan di YPAC Pangkalpinang.

“Yayasan YPAC Pangkalpinang menerapkan sistem subsidi silang untuk pembiayaan, karena banyak yang kurang beruntung secara ekonomi bersekolah di sini. Untuk mendukung operasional ini, PT Timah Tbk setiap bulan memberikan bantuan untuk mendukung berjalannya proses pendidikan di Yayasan ini,” beber Andi Fikri.

Tak hanya itu, menurut dia PT Timah Tbk juga rutin membantu kegiatan pengembangan anak-anak di Yayasan YPAC Pangkalpinang, seperti untuk kegiatan lomba, kegiatan hiburan dan berbagai kegiatan lainnya.

“Tidak hanya kegiatan pendidikan, tapi juga kegiatan untuk anak-anak ikut perlombaan seperti lomba atletik dan kegiatan yang lainnya. Bahkan tahun lalu, PT Timah Tbk juga ikut memeriahkan Peringatan Hari Disabilitas Internasional. Sudah sangat luar biasa PT Timah Tbk membantu Yayasan YPAC,” ucapnya.

Baca Juga  Hari Santri Nasional, Kemenag Pangkalpinang Nganggung Dulang Raksasa

Andi Fikri juga menyebutkan, PT Timah Tbk juga memfasilitasi anak-anak disabilitas untuk mengembangkan bakat olahraga dengan dipinjamkan GOR Stannia untuk proses latihan para penyandang disabilitas.

“Anak-anak juga diperbolehkan untuk latihan olahraga di GOR PT Timah Tbk, untuk mengembangkan bakat olahraga mereka. PT Timah Tbk menjadi satu-satunya BUMN yang konsisten membantu pendidikan anak berkebutuhan khusus di Yayasan YPAC Pangkalpinang,” sebutnya.

Ia menyebutkan, YPAC Pangkalpinang hingga saat ini terus berkembang, saat ini mereka telah memiliki Rumah Tumbuh Kembang Anak (RTKA) untuk mendukung proses pendidikan dan terapi bagi anak-anak disabilitas.

Kedepan, Ia berharap anak-anak disabilitas juga tidak mendapatkan perlakuan berbeda di lingkungan masyarakat. Pasalnya, anak-anak disabilitas memiliki banyak kelebihan.

“Dalam proses pendidikan di YPAC 70 persennya adalah praktik atau pelatihan keterampilan, bagaimana mereka bisa mandiri untuk mengurus diri mereka sendiri. Kemudian diajarkan berbagai keahlian seperti membuat kerajinan, memasak dan lainnya yang sesuai dengan minat dan potensi yang mereka miliki,” katanya.

Baca Juga  Terima Kunjungan Tim Asnis Pusterad, Molen Dukung Program Babinsa Masuk Dapur

Ia juga berharap, ke depan akan semakin banyak masyarakat yang peduli dan bisa mendukung proses pembelajaran anak-anak disabilitas. Sehingga mereka bisa terus berkembang.

“Banyak yang masih menanggap anak disabilitas ini aib, padahal mereka layak dan berhak untuk mendapatkan pendidikan. Proses pendidikan juga harus didukung oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. Bukan berarti ketika mereka disekolahkan lalu orang tua merasa tugasnya selesai, ini kita bersama membantu mereka menjadi mandiri,” sebutnya.

Kedepan, Andi berharap PT Timah Tbk dapat terus mendukung proses pendidikan bagi anak-anak disabilitas di Bangka Belitung khususnya di Yayasan YPAC Pangkalpinang.

“Sudah 67 tahun PT Timah Tbk mendukung pendidikan anak-anak di Yayasan YPAC Pangkalpinang. Kita berharap BUMN lainnya juga ikut bisa berpartisipasi mendukung pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus,” harapnya. (*)

LEAVE A REPLY