Pohon Bakau di Belitung Diklaim Kalahkan Selandia Baru, Berapa Diameternya?

Pohon Bakau di Belitung Diklaim Kalahkan Selandia Baru, Berapa Diameternya?

BERBAGI

Suarapos.com – Jika di Selandia Baru ada pohon bakau berdiameter 3 meter berusia 700 tahun, di Pulau Belitung diklaim ada yang lebih besar.

Klaim ini disampaikan Gubernur Erzaldi Rosman ketika bertemu Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Scenaider Clasein, Bappenas, Hasudungan Siahaan di kantornya, Gedung Wisma Bakrie 2 Jakarta, Selasa/25/1/2022.

Pertemuan tersebut membahas persiapan agenda Development Working Group (DWG) The Group of Twenty (G20) 2022 yang bakal digelar di Pulau Belitong pada 7-9 September 2022.

Menyikapi isu global terkait energi terbarukan dan pengurangan emisi karbon pada rapat G20, Erzaldi menyebutkan meng – showcase kawasan mangrove.

Ia mencontohkan jika di Selandia Baru ada pohon bakau berusia 700 tahun dengan diameter 3 meter, di Belitung, Erzaldi mengklaim ada kawasan bakau namun belum terekspos, dimana diameter pohonnya mencapai 4,5 meter.

Kata Erzaldi, bisa saja usianya bisa lebih dari 800 tahun.

“Kami juga baru bekerjasama dengan PT SEI yang bergerak pada penyediaan listrik tenaga surya. Ke depan kami akan membuat taman, termasuk gazebo di dalamnya, dan penerangannya akan menggunakan tenaga surya,” ujarnya.

Selain itu, kebutuhan listrik dan telekomunikasi pada saat acara berlangsung di Hotel Sheraton Belitong sudah disikapi pihaknya.

Gubernur mengatakan bahwa PT PLN dan PT Telkom memastikan kondisi kelistrikan dan signal pada penyelenggaraan G20 Presidensi Indonesia di Belitung dalam kondisi aman. (*)

LEAVE A REPLY