Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Pemkab Banyuasin Anggarkan Rp1,8 Miliar Bangun Tugu Pancasila dan Ruang Terbuka Hijau

Pemkab Banyuasin Anggarkan Rp1,8 Miliar Bangun Tugu Pancasila dan Ruang Terbuka Hijau

BERBAGI

SUARAPOS.COM – Pemerintah Kabupaten Banyuasin, akan membangun monumen Tugu Pancasila dan ruang terbuka hijau atau taman kota di areal eks Pasar Kalangan Lama di Jalan Talib Wali, Kelurahan Pangkalan Balai, Banyuasin III atau tepatnya di depan Kantor KPU Banyuasin.

Untuk membangun Monumen Tugu Pancasila dan taman terbuka hijau tersebut, Pemkab Banyuasin telah mengangarkan dana APBD tahun 2023 sebesar Rp1,8 miliar.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan, Banyuasin, Ir. H. M Ryan A. Saputra, ST, MM mengatakan monumen Pancasila dan ruang terbuka hijau akan dibagun di atas lahan seluas 2.851 meter persegi.

Baca Juga  PLN Siagakan Petugas, Pastikan Kesiapan Keandalan Pasokan Listrik Menyambut "Nataru"

Lahan ini, kata Ryan, selama ini digunakan masyarakat untuk berdagang dan tempat tinggal.

“Monumen Pancasila dan ruang terbuka hijau nantinya akan menjadi icon kota Pangkalanbalai. Alhamdulillah untuk status lahan sudah clear and clean, dan masyarakat sendiri tidak keberatan,” ujar Ryan yang didampingi Kabid Perumahan dan Sarana Umum, Ir. Asri ST, MM kepada suarapos.com, Rabu (25/1/2023).

Lebih jauh disampaikan Ryan  di sekitar Monumen Tugu Pancasila dan ruang terbuka hijau akan didirikan panggung seni.

Baca Juga  Truk Muatan 8 Ton Timah Diamankan dari Toboali, Tiga Kolektor Disebut - Sebut

Menurut dia, panggung seni akan dimanfaatkan untuk menggelar festival dan pesta rakyat.

“Selain itu di seputaran taman kota juga akan dibangun jogging trek agar bisa digunakan masyarakat untuk olahraga. Selain itu dapat digunakan masyarakat untuk bersantai dan mengambil foto,” terangnya.

Sementara Camat Banyuasin III, Santo, S, Sos, MSi, berharap agar monumen Tugu Pancasila dan ruang ruang terbuka hijau dapat segera dibangun dan bisa digunakan pada saat peringatan 17 Agustus 2023 nanti.

Baca Juga  40 Karyawan PT Timah Tbk Selesai Pelatihan di Makorem 045/Gaya

Santo berharap agar monumen Tugu Pancasila dan ruang terbuka hijau  dapat digunakan oleh generasi muda untuk berbagai kegiatan positif.

“Nantinya dapat menjadi pusat bagi para anak muda dalam menyalurkan bakat kesenian melalui festival band dan lain sebagainya,” kata Santo. (alpian)

LEAVE A REPLY