Pemprov Babel Fokus Kembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

Pemprov Babel Fokus Kembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

BERBAGI

SUARAPOS.COM – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan kawasan pariwisata Belitung salah satunya dengan mengoptimalkan pengelolaan dan pemanfaatan aset destinasi pariwisata.

“Topik besar kita adalah mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Di mana, Belitung tahun 2016 dinyatakan menjadi 1 dari 10 destinasi prioritas, tentu banyak upaya yang sudah dilakukan. Tetapi untuk mengembangkan ini, diperlukan hal yang pasti-pasti, contohnya seperti Kawasan Tanjung Kelayang,” kata Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin ketika memimpin rapat di Hotel Santika, Belitung, Kamis (5/1/2022).

Baca Juga  PWI Belitung Meminta APH dan Pemda Sigap Atasi Kelangkaan BBM

Kawasan Tanjung Kelayang dianggap cukup fenomenal, karena menteri, Presiden pun pernah ke tempat ini. Untuk itu, Pj Gubernur Ridwan mau kawasan ini dapat ditingkatkan dari segi daya tarik, infrastruktur, dan lainnya.

Selain itu, ia juga mengatakan alasan lainnya, salah satunya ada yang memberi informasi bahwa ada aset di Tanjung Kelayang yang masih belum maksimal dimanfaatkan.

Diskusi yang melibatkan Bupati dan Wakil Bupati Belitung serta banyak pihak dalam hal kepariwisataan ini, akhirnya memutuskan tiga cara dalam bentuk kesepakatan.

Baca Juga  Proyek Belum Rampung, Plang Nama Diduga Raib, Koordinator Lapangan Tuding Ulah Oknum

“Nanti kita dari pemprov, akan buatkan kesepakatan. Secara prinsip kita bersepakat untuk mengelola KSPN ini dengan cara: satu, kita tunggu sertifikat dari BPN, sebagai pegangan kita bersama. Dua, kami mendorong Telkom dan Aerowisata untuk mengelola alam dan potensinya di Tanjung Kelayang,”

“Berikutnya, jika bersepakat Telkom dan Aerowisata, maka dapat bekerja sama dengan Pemkab. Belitung untuk mengelola secara keseluruhan dan membuat master plannya,” ujar Pj Gubernur Ridwan.

Setelah poin-poin tersebut _clear,_ maka akan disegerakan untuk melakukan rapat kembali, serta merancang langkah-langkah selanjutnya.

Baca Juga  Panas! Puluhan Ponton Rambah Perairan Batu Hitam, Masyarakat Nelayan Rapatkan Barisan

Hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Plt. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan, Olahraga Babel, Kepala UPTD Balai Pengembangan Pariwisata Wilayah Belitung, Ketua Badan Usaha Pembangunan dan Pengelolan KEK Tanjung Kelayang, Direktur PT Aerowisata, dan Direktur PT Telkom Property. (*)

LEAVE A REPLY