Apel Gelar Pasukan, Banyuasin Siaga Kahutlabun

Apel Gelar Pasukan, Banyuasin Siaga Kahutlabun

BERBAGI

SUARAPOS.COM – Wabup Banyuasin H.Slamet Somosentono meninjau persiapan personel dan sarpras Kesiapan Penanggulangan Kebakaran hutan, lahan dan kebun di Polres Banyuasin.

Dalam Pers Release Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau salah-satunya Kabupaten Banyuasin. Tidak sedikit catatan kejadian bencana kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Banyuasin terutama di musim kemarau.

Apel Siaga dilaksanakan sebagai bentuk kesiapan masyarakat dan aparat dalam penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan. Aparat Kepolisian, TNI, Satpol PP, personil dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Damkar BPBD, TRC BPBD, Dinas Sosial/Tagana, BASARNAS, Dinas Perhubungan, menjadi peseta apel siaga.

Baca Juga  Giat Monitoring Miskin Ekstrem Melalui Aplikasi SIKS-NG

Kapolres Banyuasin Imam Syafi’i dalam sambutan sebagai pembina Apel mengatakan, apel gelar pasukan kesiapan penanggulangan bencana ini digelar untuk mengetahui kesiapan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Baik dari kesiapan personel, sarana dan prasarana serta dukungan logistik lainnya dan juga untuk menjalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh Instansi atau pihak-pihak yang terkait, khususnya yang berhubungan dengan penanganan bencana alam di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Kita berharap dengan adanya apel gelar pasukan ini seluruh unsur yang terlibat dalam penanganan bencana bisa lebih terkoordinir dan lebih jelas peranannya masing-masing,” lanjutnya.

Baca Juga  50 Ribu Lebih Warga Banyuasin Masuk Data Kemiskinan Ekstrim, 1.847 Data Penerima Iuran PBI JKN Dihapus

Kapolres Imam menambahkan, apel kesiapsiagaan penanganan bencana alam merupakan langkah awal yang tepat, dan strategi dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan petugas maupun masyarakat dalam menghadapi potensi kerawanan bencana alam, Tentunya, semuanya harus menyikapi secara sungguh-sungguh dan siap siaga, waspada, dan antisipasi sedini mungkin kejadian bencana di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Kami berpesan kepada seluruh stakeholder agar bisa menggerakkan segala upaya dalam hal pencegahan dan penanggulangan alam, baik itu pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, dan tentunya partisipasi dari segenap masyarakat di Kabupaten Banyuasin” pungkasnya.

Baca Juga  Masyarakat Banyuasin ‘Serbu’ Pasar Murah

Usai apel gelar kesiapan penanggulangan bencana, Wabup Banyuasin H.Slamet di dampingi Kapolres Banyuasin dan Dandim 0430/Banyuasin jajaran Forkopimda  melakukan pemeriksaan kesiapan personel maupun kendaraan dan alat pendukung lainnya dalam menghadapi bencana alam di Kabupaten Banyuasin serta menonton atraksi dari personel Polres Banyuasin saat melakukan simulasi pemadaman api. (***/alpian)

LEAVE A REPLY