Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Kolaborasi Jaga Kearifan Lokal, PT Timah Tbk Dukung Festival Ruahan Desa...

Kolaborasi Jaga Kearifan Lokal, PT Timah Tbk Dukung Festival Ruahan Desa Pusuk

BERBAGI

SUARAPOS.com – Mendukung pelestarian adat masyarakat di Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan Festival Adat Ruahan Khatam Koran.

Bantuan ini diserahkan kepada Ketua Panitia Adat Khatam Koran Ruahan Partai, Sahani, Rabu (1/3/2023). Pesta adat massal ini akan digelar pada 5 Maret mendatang.

Sahani mengatakan, tradisi ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan di desa mereka. Kegiatan yang dilakukan seperti arak-arakan anak yang telah selesai mengaji, dilanjutkan dengan acara berenggung atau sedekah desa.

Baca Juga  16 Personel Polairud Polda Babel Dimutasi, Diduga Terkait Tambang Perairan Batu Hitam Belinyu

“Ini merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan di desa. Nantinya akan diawali dengan arak-arakan keliling desa, kemudian khataman, dan dilanjutkan dengan sedekah desa,” ujarnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Pusuk Maryono mengapresiasi dukungan PT Timah Tbk yang telah membantu pelestarian tradisi adat di Desa Pusuk.

“Terima kasih kepada PT Timah atas kontribusinya dalam acara Ruahan di desa Pusuk. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa kami. Semoga PT Timah dapat berperan aktif dalam masyarakat desa Pusuk. Dari sisi CSR diharapkan tidak akan ada penambangan, penambangan liar, ”katanya.

Baca Juga  Kejagung Tahan Helena Lim

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pusuk Atman mengatakan, PT Timah kerap membantu masyarakat di desanya melalui CSR-nya.

“Selain bantuan adat desa, PT Timah banyak memberikan bantuan seperti bantuan sapi kurban, kegiatan mobil sehat, bantuan rumah layak huni, bantuan mesin dan perahu untuk nelayan. Alhamdulillah PT Timah cukup peduli dengan Pusuk Desa,” jelasnya. (**)

LEAVE A REPLY