Rapim Evaluasi Serapan Anggaran 2023, Ridwan Sampaikan Ini

Rapim Evaluasi Serapan Anggaran 2023, Ridwan Sampaikan Ini

BERBAGI

SUARAPOS.COM – Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin memberikan arahan terkait kinerja Perangkat Daerah Provinsi saat memimpin rapat pimpinan dalam rangka Pembahasan Evaluasi Serapan Anggaran Tahun Anggaran (TA) 2023.

Mulai dari pemberian beasiswa untuk siswa berprestasi, penyelesaian TPI Baturusa, kerja sama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang terkait hibah lahan untuk pasar induk, pembangunan Patung Depati Amir di Bandara Depati Amir, serta kerja sama dengan Angkasa Pura untuk meningkatkan perekonomian UMKM.

“Kita untuk mendorong kerja sama dengan Angkasa Pura dan ada juga dari luar, kita mulai segera supaya rencana kita untuk meningkatkan perekonomian UMKM kita mulai dapat dilaksanakan,” kata Ridwan.

Baca Juga  Cyber Media Network Bangun Ekosistem Media Sehat, Digagas Empat Wartawan Utama

“Sebetulnya sama Angkasa Pura kita minta mereka menata bangunan yang sekarang berantakan itu menjadi kosong, nanti tugas kita adalah mengumpulkan UMKM yang mau berpartisipasi dan juga membuka kesempatan kepada anak-anak muda untuk produk-produk UMKM dari kota-kota di sekitar Kepulauan Bangka Belitung,” sambungnya.

Selain itu dirinya ingin mengupayakan untuk menyediakan sebuah tempat di mana masyarakat yang memerlukan pelayanan, memiliki centre point untuk memberikan pelayanan publik.

“Pokoknya kalau masyarakat mau bertanya, ini ada tempat pelayanan publik yang dapat kita jadikan media kita untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Pj. Gubernur Ridwan juga membahas mengenai tingginya peminat dalam industri pasir silika/kuarsa. Untuk itu dirinya meminta PD terkait untuk menyiapkan lahan yang bisa diolah sebagai informasi dasar bagi para investor.

Baca Juga  Ditreskrimsus Polda Babel Bidik Pelaku Tambang Ilegal di Hutan Mangrove Belo Laut

“Kemudian yang sifatnya menggerakkan ekonomi akhir-akhir ini banyak sekali peminat dalam industri pasir silika nah ini ada tiga lokasi harus kita siapkan, kawasan industri Suge di Belitung, Kawasan Industri Sadai dan Tanjung Ular. Kita perlu sekali lagi informasi dasar kalau calon investor datang, di mana lahan yang bisa diolah atau buatkan dulu sebagai kawasan industri tapi kita siapkan saja informasinya nanti kita proses,” tutur Pj Gubernur Kep Babel.

Mengenai lada, dirinya menginginkan beberapa permasalahan terkait lada bisa diselesaikan, dan agar Dinas Pertanian bisa menjembatani untuk melakukan diskusi bersama pihak yang berkepentingan.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024: Polisi Pertekat Pengawasan Kantor Bawaslu

Untuk mengoptimalkan evaluasi KEK Tanjung Kelayang di Belitung, Pj Gubernur menyebutkan telah menyurati BNPB agar penerbangan internasional di Belitung bisa dibuka kembali dan dirinya akan mengadakan rapat dengan Menteri Perhubungan serta mengundang pelaku usaha untuk mengupayakan membuka lagi penerbangan internasional ke Pulau Belitung.

Inflasi juga menjadi perhatian yang dibahas dalam rapat pimpinan ini, Pj. Gubernur Ridwan ingin agar apa saja kunci sukses dalam upaya mengendalikan inflasi dapat di data sebagai pembelajaran, serta mengupayakan langkah-langkah terkait serapan anggaran untuk tahun anggaran 2023 ini. (*)

LEAVE A REPLY