RAT Primer Koperasi Kartika Pelangi, Dandim 0414 Belitung Minta Wujudkan Kesejahteraan

RAT Primer Koperasi Kartika Pelangi, Dandim 0414 Belitung Minta Wujudkan Kesejahteraan

BERBAGI

Suarapos.com – Komandan Kodim 0414/Belitung, Letkol Inf Mustofa Akbar M, mengatakan koperasi harus dikembalikan kepada cita dasar dari koperasi itu sendiri yakni, mengabdi dan mewujudkan kesejahteraan sesuai dengan watak suatu lembaga yang bersifat non profit.

Hal ini dikatakannya saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi Kartika Pelangi Tutup Buku Tahun 2021di Aula Makodim 0414/Belitung, Jalan Merdeka, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kamis/03/02/2022.

Artinya, kata Mustofa, keuntungan atau SHU  koperasi bukan demi keuntungan koperasi itu sendiri seperti lazimnya suatu perusahaan atau lembaga ekonomi yang bersifat “profit oriented” (mengejar keuntungan), tapi apa yang disebut dengan keuntungan.

Ia menilai koperasi harus lebih dulu berdimensi moral dan spiritual, kemudian baru dimensi material finansial.

“Sistem Ekonomi yang syah menurut UUD 1945 akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Di tengah arus globalisasi (perdagangan bebas) yang tidak seluruhnya bisa kita hindari,” ujarnya.

Dampaknya adalah semakin senjangnya tingkat kemampuan pelaku ekonomi koperasi di satu sisi dengan pelaku ekonomi nasional maupun swasta pada sisi yang lain.

“Sampai sejauh ini berdasarkan hasil pengalaman yang kita lakukan, maka kesimpulan lama bahwa Koperasi tertinggal jauh dengan kedua sokoguru ekonomi tersebut, seperti tak terjangkau kapan dapat kita jembatani kesenjangannya,” paparnya.

Kemudian berbicara masalah kesenjangan tersebut, menurutnya bersumber pada tiga hal yakni:

Pertama menyangkut kesadaran anggota, kedua berkaitan dengan sistem manajemen
dab ketiga menyangkut kualitas pengurus
perkoperasian.

Ia menegaskan, terhadap ketiga kendala tersebut di atas, prajurit TNI harus mampu menampilkan peran kepeloporannya setidaknya dalam meningkatkan kesadaran prajurit dan warga masyarakat dalam kehidupan berkoperasi serta meningkatkan terus kualitas setiap insan prajurit.

“Mampu dipercaya sebagai pengurus agar benar-benar konsisten terhadap koperasi dan menguasai manajemen perkoperasian,” tutupnya.

Rapat anggota tahunan primer Koperasi Kartika Pelangi dipimpin langsung Letkol Inf Mustofa Akbar, Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Tri Joyo.

Selain itu hadir Kadin Perindakop diwakili Kepala Bidang  pengawas Koperasi, Novris Kasmanto, Petugas Penyuluh Lapangan Koperasi, Aditya, Perwira Staf, Danramil serta Anggota dan PNS Kodim 0414/Belitung. (hen)

LEAVE A REPLY