Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Tekan Inflasi, Pemprov Babel Subsidi Rp3,3 Miliar Truk Pengangkut Sembako

Tekan Inflasi, Pemprov Babel Subsidi Rp3,3 Miliar Truk Pengangkut Sembako

“Kita bantu subsidi pengangkut sembako dari Sadai ke Tanjung Ru dengan bukti nama dan plat truk sebagai pertanggungjawabannya,"

BERBAGI

Suarapos.com – Bernagai upaya terus dilakukan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belirung menekan angka inflasi. Salah satunya menyiapkan alokasi anggaran subsidi bagi truk pengangkut bahan pokok.

Melalui Dinas Perhubungan Babel, Pemprov mengalokasikan anggaran sebesar Rp3,3 miliar dari Dana APBD dan Dana Insentif Daerah (DID) untuk bantuan subsidi transportasi tersebut.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Babel, Asban Aris saat memimpin rapat yang dihadiri Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budi Widihartanto bersama distributor sembako jalur transportasi melalui Pelabuhan Sungailselan, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kamis (13/10/2022).

Dilansir dari keterangan resminya yang diunggah di laman akun facebook @Dishub Baabel, Jumat pagi, Asban mengatakan dengan adanya alokasi dana bantuan subsidi transportasi ini pengangkutan sembako dari Sadai ke Tanjung Ru dan Sungaiselan akan diberikan subsidi transportasi.

Baca Juga  Catatan Pendonor Ginjal: Senin, 6 Juni 2022 akan Menjadi Hari Bersejarah Bagiku

“Kita bantu subsidi pengangkut sembako dari Sadai ke Tanjung Ru dengan bukti nama dan plat truk sebagai pertanggungjawabannya. Selain itu dengan adanya pelabuhan Sungaiselan sebagai pelabuhan yang banyak pengangkutan sembako juga akan diberikan subsidi transportasi,” ungkap Asban.

Asban mengharapkan dengan adanya bantuan subsidi ini diharapkan harga bahan pokok di pasaran dapat turun yang akan berdampak kepada turunnya inflasi di Bangka Belitung.

“Tetapi goalnya harus ada, dampaknya harus ada maka dengan adanya langkah ini harga di pasaran dapat turun di samping pihak terkait dapat melakukan operasi pasar,” ujar Asban.

Baca Juga  Pemprov Babel Berikan Beasiswa Bagi 41 Anak Disabilitas

Kemudian Asban menambahkan rincian dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) senilai Rp350 juta dan DID dari Kementerian Keuangan Rp3 miliar.

Asban juga mengungkapkan Dishub Babel saat ini sedang merampungkan skema dalam mekanisme penyaluran bantuan subsidi ini sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan sesuai aturan yang berlaku.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Budi Widihartanto menyambut baik rencana pemerintah dalam memberikan subsidi transportasi yang memberikan dampak terhadap penurunan inflasi di Bangka Belitung.

Baca Juga  Tinjau Pembangunan Smelter TSL Ausmelt Furnace PT Timah Tbk, Presiden Jokowi Ungkap Hilirisasi Timah

“Kami menyambut baik rencana, program kebijakan pemerintah daerah khususnya Pemprov Babel melalui Dishub Babel dalam memberikan subsidi transportasi,” ungkap Budi.

Budi optimis dengan adanya subsidi transportasi yang diberikan akan berdampak terhadap harga/biaya yang dikeluarkan oleh produsen hingga ke distributor dan terakhir ke konsumen.

“Akan berpengaruh terhadap harga, akan mengurangi cost penjual dan berdampak kepada pembeli pertama, kedua, ketiga dan akhirnya di tingkat konsumen,” jelas Budi. (*)

LEAVE A REPLY