Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
ESDM Sumbang PNPB Tahun 2022 Sebesar Rp351 Triliun

ESDM Sumbang PNPB Tahun 2022 Sebesar Rp351 Triliun

BERBAGI

SUARAPOS.Com – Kinerja sektor ESDM menorehkan hasil yang positif. Hal ini terbukti dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sektor ESDM yang tercatat melampaui target dan meningkat dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, saat menyampaikan pernyataan pers terkait Capaian Kinerja tahun 2022 dan Program Kerja Kementerian ESDM Tahun 2023, di Kantor Kementerian ESDM Jakarta Pusat, Senin (30/1/2023).

Arifin mengungkapkan, sektor ESDM memberikan sumbangsih melalui PNBP sebesar Rp351 triliun atau 138 persen dari target sebesar Rp254 triliun. PNBP ESDM tahun 2021 sebesar Rp184 triliun. Sementara realisasi investasi di sektor ESDM pada tahun 2022 sebesar USD26,8 miliar.

Baca Juga  KKP Hentikan Pengerukan Pasir Timah Tak Sesuai PKKPRL

Lebih lanjut Arifin menyampaikan bahwa realisasi subsidi energi tahun 2022 sebesar Rp157,6 Triliun terdiri dari subsidi BBM dan LPG sebesar Rp97,8 Triliun, dan subsidi listrik sebesar Rp59,8 Triliun.

“Subsidi energi dipertahankan untuk menjaga daya beli masyarakat dalam pemulihan ekonomi,” ujar Arifin.

Kinerja baik Kementerian ESDM juga membuahkan berbagai penghargaan, antara lain Indeks Implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) Manajemen ASN Tahun 2021 dengan nilai A, LHKPN & e-LHKPN terbaik.

Baca Juga  Dugaan Korupsi di PT. Timah: 5 Orang Saksi Diperiksa dari Plt Kadis ESDM Babel - Direktur Perusahaan

Selain itu penghargaan Capaian Strategi Nasional KPK terbaik, BMN Awards 4 tahun berturut-turut sejak 2019, Government PR dan Program PR terbaik, Mendapatkan 3 BKN Awards, predikat WTP 6 tahun berturut-turut (2016-2021).

ESDM juga meraih Anugerah Meritokrasi dengan kategori Sangat Baik, dan Predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman.

Pada kesempatan tersebut, hadir mendampingi Menteri, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Rida Mulyana, Direktur Jenderal Migas, Tutuka Ariadji, Direktur Jenderal EBTKE sekaligus Plt. Dirjen Ketenagalistrikan Dadan Kusdiana, Plt. Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, Kepala Badan Pengembangan dan Pelatihan ESDM, Prahoro Nurtjahyo, dan Plh. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, M. Idris Sihite. (anton).

Baca Juga  Pemda Minati Hasil Kerajinan Masyarakat Bangka Selata

LEAVE A REPLY