Suarapos.co.id
Suarapos.co.id
Penerapan Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Memudahkan Manusia

Penerapan Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Memudahkan Manusia

BERBAGI

Oleh: Joko Sulistio, S.Kom
Guru TJKT SMKN I Muntok

SEBAGAI manusia yang hidup di era moderen, tentu saja kita akan mencari kemudahan dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Berbagai kemudahan tersebut dapat diperoleh melalui penerapan jaringan komputer pada banyak aspek kehidupan. Jaringan komputer dibuat pertama kali pada akhir tahun 1950-an untuk digunakan di militer dan departemen pertahanan.

Pada awalnya, jaringan komputer digunakan untuk mentransmisikan data melalui saluran telepon yang memiliki aplikasi saintifik dan komersial yang terbatas. Seiring berjalannya waktu, jaringan komputer menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh koorporasi dengan hadirnya teknologi internet.

Sebagai pengguna rumahan, ada beberapa alasan menggunakan internet yaitu akses ke informasi jarak jauh, komunikasi orang-ke-orang, hiburan interaktif dan electronic commerce.

Electronic commerce atau yang lebih populer dengan sebuatan e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (perdagangan online).

Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce.

Hal ini tentu saja mempermudah kita dalam berbelanja tanpa harus menghabiskan banyak waktu mengunjungi pusat perbalanjaan E-commerce juga sudah menjadi sarana akses ke lembaga keuangan.

Baca Juga  Pentingnya Penyelarasan Kurikulum SMK

Banyak orang sudah membayar tagihan mereka, mengelola rekening bank mereka, dan menangani investasi mereka
secara elektronik. Ini pasti akan tumbuh sebagai jaringan yang lebih aman.

Penerapan Jaringan Komputer dalam perbankan memberikan kemudahan bagi seorang yang memiliki masalah jarak, ketika ingin menggunakan data.

Dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.Sebagai contoh semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua, tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan.

Sehingga bila salah satu mesin rusak, maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan. Jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data berlangsung dengan cepat
dan efisien.

Contoh lainnya pengiriman surat tidak perlu lagi menggunakan kertas yang dikirimkan dan sampainya dalam waktu berhari-hari, cukup dengan menggunakan email yang membutuhkan waktu kurang dari 5 menit.

Jaringan komputer bisa memudahkan seseorang berkomunikasi dengan orang lain
dengan komunikasi melalui pesan teks, gambar, audio dan video secara langsung atau real time. Kemampuan jaringan yang mendasarinya sudah lebih dapat diprogram, terotomatisasi, dan aman.

Baca Juga  Pasca Pemilu 2024, Apakah Akan Banyak Caleg Masuk Rumah Sakit Jiwa?

Hal ini dikarenakan jaringan komputer modern mampu beroperasi secara virtual, berintegrasi pada skala yang besar dimana layanan jaringan modern menghubungkan jaringan komputer yang terdistribusi secara fisik. Layanan ini dapat mengoptimisasi fungsi jaringan melalui otomatisasi dan pemantauan untuk membuat jaringan skala besar dengan performa tinggi. Layanan jaringan dapat diskalakan naik atau turun berdasarkan permintaan.

Selain itu jaringan komputer dapat merespons perubahan kondisi secara cepat. Banyak jaringan komputer yang kerjanya ditentukan oleh perangkat lunak. Lalu lintas dapat dirutekan dan dikontrol secara terpusat dengan menggunakan antarmuka digital. Jaringan komputer ini mendukung manajemen lalu lintas virtual.

Semua solusi jaringan hadir dengan fitur keamanan bawaan seperti enskripsi dan kontrol akses. Solusi pihak ketiga seperti perangkat lunak antivirus, firewall, dan antimalware dapat diintegrasikan untuk membuat jaringan menjadi lebih aman.

Hal ini terjadi seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat yang mengantarkan kita pada era digital, dimana banyak kegiatan bisa kita lakukan dengan cara lebih mudah berkat kecanggihan teknologi yang juga ditandai dengan semakin banyaknya industri berbasis teknologi yang membutuhkan banyak tenaga kerja yang terampil dan ahli dalam bidangnya.

Baca Juga  Guru Kreatif Membuat Modul Ajar Sesuai Kebutuhan Murid

Dunia pendidikan seakan dituntut untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap bersaing dalam dunia kerja maupun berwirausaha sesuai dengan perkembangan teknologi. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dipersiapkan sebagai lembaga pendidikan yang berorientasi pada dunia kerja untuk mencetak tenaga ahli yang terampil dan siap kerja dalam menghadapi perkembangan teknologi sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

SMK N 1 Muntok memiliki salah satu jurusan yang mengakomodir lulusan yang siap kerja dalam perkembangan teknologi yaitu jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT).

TJKT mempelajari jaringan komputer yang mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain.

Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.

Berbagai ilmu tentang jaringan komputer yang diajarkan pada jurursan TJKT ini dapat dikembangkan dan diterapkan sebagai upaya mempermudah pemenuhan kebutuhan hidup. (**)

LEAVE A REPLY