2
Ribuan Orang Kunjungi Bazar UMKM Gemawira Kampoeng Selinsing

Ribuan Orang Kunjungi Bazar UMKM Gemawira Kampoeng Selinsing

BERBAGI

SUARAPOS.com – Kampong Reklamasi Selinsing di Desa Selinsing, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur yang dikelola PT Timah Tbk bersama BumDes Selinsing menjadi lokasi bazar UMKM Gerakan Masyarakat Wirausaha (GEMAWIRA) Kabupaten Belitung Timur.

Bazar UMKM yang dimulai tanggal 10 hingga 12 Februari 2023 ini membuat Kampong Reklamasi Selinsing ramai dikunjungi masyarakat. Pesona lahan bekas tambang yang disulap PT Timah Tbk menjadi Kampong Reklamasi Selinsing memang kian menawan sebagai salah satu destinasi wisata.

Selain Bazar UMKM, di Kampong Reklamasi Selinsing PT Timah Tbk bazar UMKM juga digelar perlombaan bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, melukis dan fashion show.

Ketua Gemawira Belitung Timur Bambang Suherli mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan pihak mendukung. Ia bersyukur acara bazar itu bisa berjalan lancar hingga malam penutupan itu.

“Kami mewakili pengurus mengucapkan terima kasih kepada PT Timah Tbk telah mengizinkan memberi tempat untuk pelaksanaan Bazar ini dan juga Bumdes Selinsing telah membantu,” Kata Bambang Suherli.

Baca Juga  Amankan Objek Vital, Polres Bangka Barat dan Perbankan Teken Kerjasama

Menurut Bambang, kegiatan ini disambut antusias pengunjung sangat luar biasa yakni mencatatkan omset selama dua hari pelaksanaan sekitar Rp 82 juta dari total 45 stand yang ikut.

“Hari ini juga ramai dan padat, jika kita hitung rata-rata Rp 40 juta sehari selama tiga hari ini sekitar Rp 120 juta,” sebutnya.

Bambang melanjutkan, kedepan bazar UMKM akan dilaksanakan disetiap kecamatan di Beltim nantinya. Sebab Bazar itu guna membantu UMKM naik kelas dan menambah omset tentunya.

“Kita ucapkan terima kasih juga kepada Pemkab Beltim sudah mendukung kami,” bebernya.

Sementara itu, Asisten 1 Setda Beltim Sayono mewakili Bupati Beltim Burhanudin memberikan apresiasi atas terlaksananya bazar UMKM Gemawira Beltim, dalam merayakan HUT Gemawira Beltim ke-1 dan Hari Jadi Beltim ke-20.

Baca Juga  PT Timah Tbk Bantu Alat Tangkap Nelayan Babel dan Kepri

“Semoga acara ini mendapatkan hasil yang diharapkan dan UMKM Beltim bisa meningkat sebagai salah satu penggerak ekonomi,” katanya.

Senada, Kepala Desa Selinsing Harianto mengapresiasi, bazar UMKM Gemawira dilaksanakan di desa mereka, sebab UMKM berkumpul pada bazar itu.

“Jadi masyarakat bisa tahu apa saja produk yang diproduksi oleh UMKM ini dalam bazar UMKM ini,” katanya.

Harianto juga berharap, event itu terus hadir di desa mereka, sebab kegiatan itu mampu menggerakan ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Ketua Bumdes Selinsing, Diky Apriansyah mengungkapkan pihaknya ikut dilibatkan sebagai pengelola Kampong Reklamasi oleh komunitas UMKM menjadi penyedia tempat.

Dipilihnya Agrowisata Kampong Reklamasi Selinsing sebagai lokasi Bazar UMKM, lomba dan fashion show itu meningkatkan kunjungan wisatawan ke tempat tersebut.

“Tujuan utama kita sebenarnya adalah mempromosikan Kampong Reklamasi agar semakin dikenal luas oleh masyarakat,” bebernya.

Baca Juga  Titik Api Karhutla di Banyuasin Turun Drastis

Menurutnya, Bazar UMKM itu berdampak terhadap pengunjung yang datang yakni sekitar 3000 pengunjung di tiga hari pelaksanaan kegiatan UMKM Gemawira itu.

“Dampak untuk reklamasi itu salah satunya sebagai ajang promosi yang pastinya Kampong Reklamasi Selinsing bisa lebih dikenal masyarakat luas, kemudian mungkin kedepannya kegiatan ini bisa dilaksanakan kembali karena melihat respon masyarakat yang sangat bagus,” jelasnya.

Ia juga mengapresiasi, selama pelaksanaan itu berjalan lancar dan tidak ada kerusakan apapun terhadap sarana dan prasarana di lokasi tersebut.

“Alhamdulillah selama event ini berlangsung dari awal sampai akhir tidak ada kerusakan apapun terkait fasilitas yang ada di kampong Reklamasi, hanya terkadang sebagian masyarakat atau pun pengunjung ada yang masih kurang sadar dengan membuang sampah,” tandasnya. (*)

LEAVE A REPLY