2
Inflasi Pangkalpinang di Bawah Nasional, Molen: Tetap Waspada!

Inflasi Pangkalpinang di Bawah Nasional, Molen: Tetap Waspada!

BERBAGI

SUARAPOS.com – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil atau Molen mengatakan berbagai upaya terus dilakukan untuk mengendalikan inflasi. Apalagi menjelang bulan Ramadan.

Selain itu, Molen menyebutkan siap melaksanakan arahan  Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  agar kepala daerah mampu melakukan peningkatan konsumsi belanja masyarakat pasca PPKM dicabut hingga mempermudah izin pelaksanaan event seni dan olahraga.

Hal ini disampaikan Molen ketika mengikuyi rapat pengendalian inflasi daerah tahun 2023 secara virtual bersama Kemendagri, Senin ( 27/2/2023).

Baca Juga  PJ Gubernur Babel: Inovasi Pertanian Jadi Kunci Pengendali Inflasi

“Arahan ini bertujuan sebagai langkah pengendalian inflasi serta kecepatan untuk pembangunan program-program hingga konsumsi dan belanja masyarakat meningkat sehingga ekonomi akan bergulir lebih baik,” kata Molen.

Molen menyebutkan pemetaan terkait kemudahan pemberian izin pelaksanaan event dinilai sangat luar biasa.

Namun jangan sampai karena perizinan event ini menghambat pelaksanaan event-event itu. Jadi lebih dipermudah dengan tetap mematuhi aturan-aturan yang berlaku.

Kemudian menurut Molen perilaku konsumen masyarakat Pangkalpinang sudah mulai meningkat.

“Saya rasa masyarakat Pangkalpinang bisa menyeimbangkan perilaku konsumen ini dengan bagaimana dia mengelola keuangan di rumah tangga,” kata Molen.

Baca Juga  Gema War On Drugs, Herman: Babel Harus Bersih dari Narkoba, Cegah Sejak Dini

Molen memastikan pmerintah kota bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus berupaya melakukan peningkatan pengendalian inflasi, apalagi menjelang Ramadan dan Idul Fitri pada Maret dan April mendatang.

“Melakukan pengecekan lapangan, menjaga ketersediaan stok bahan pangan, dan mengikuti berbagai arahan supaya laju inflasi terus berjalan stabil dan tidak meningkat,” ujar Molen.

“Sedangkan rapat-rapat seperti ini terus kita ikutin supaya kita jangan jumawa walaupun Pangkalpinang inflasinya dibawah rata-rata nasional dan mendapat apresiasi dari Menteri Dalam Negeri. Tapi kita tetap harus waspada supaya inflasi jangan sampai tinggi,” sambung dia.

Baca Juga  AJI, AMSI dan IJTI Bacakan Permohonan Pengujian Pasal 15 Ayat 2 dan 5 UU Pers

Makanya Molen mengungkapkan pasar murah tetap dilakukan dan cek lapangan untuk lihat-lihat harga di pasar.

“Penguatan sistem dan kolaborasi ini akan terus kita lakukan,” kata Molen. (*)

LEAVE A REPLY